Minggu, 28 Desember 2014

73 Golongan Pecahan Islam

Sudah sering kita diperdengarkan hadits bahwa “Agama ini (Islam) akan terpecah belah menjadi 73 golongan…alhadits” namun kebanyakan dari kita semua tidak mengetahui golongan-golongan mana saja dan apakah zaman modern ini benar ada 73 golongan (pecahan Islam) ?

Tentunya, dari zaman sepeninggalan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah mulai terjadi zaman perpecahan dan semuanya ingin mendirikan kelompok-kelompok. Alhasil insya Alloh golongan pecahan-pecahan Islam itu sendiri sudah melebihi dari 73 golongan, mungkin sudah lebih dari 1000 golongan.

Baiklah kami coba memaparkan 73 golongan yang tsb, namun kami tidak tahu pasti apakah golongan yang kami paparkan itu masih ada atau sudah ‘vacum’, berikut 73 golongan pecahan Islam:

1-Sunni
Mereka orang-orang yang mengikuti tradisi dan kebiasaan nabi. Ini adalah sekte terbesar dalam Islam.

2. Syiah
Mereka sekte terbesar kedua dalam Islam, tetapi mereka percaya bahwa Nabi saw, ditunjuk Ali sebagai penggantinya (Sunni percaya bahwa Nabi meninggal tanpa menunjuk penggantinya), mereka percaya pada pernikahan sementara, mereka tidak mengikuti tradisi Nabi, dan mereka membuat luka kecil di dahi mereka setiap sholat.

3. Butriyah:
Mereka tidak membantah Khilafat Utsman (ra), baik mereka menyerangnya atau Hurariyah memujinya.

4. Yaqubiyya:
Mereka menerima Khilafat dari Abu Bakar (ra) dan Umar (ra), tetapi tidak menolak mereka yang menolak Khulifaa ini. Mereka juga percaya bahwa commiters Muslim dosa besar akan berada di neraka selamanya.

5. Hanafiyah:
Pengikut Imammate Muhammad ibn al-Hanifah. Mereka percaya bahwa Allah mungkin memiliki awal.

6. Karibiyah:
Mereka percaya bahwa Imam Muhammad bin al-Hanifah tidak mati dan Imam Ghaib (dalam hilangnya) dan Mahdi yang diharapkan.

7. Kamiliyah:
Pengikut Abu-Kamil. Mereka percaya sahabat menjadi sesat karena mereka meninggalkan kesetiaan mereka kepada Ali (ra) dan mengutuk Ali (ra) untuk berhenti untuk melawan mereka. Mereka percaya dalam kembali orang mati sebelum hari kiamat dan bahwa Setan tepat dalam memilih membakar tanah liat.

8. Muhammadiyyah:
Pengikut Muhammad ibn-Abdullah bin al-Hassan. Mereka tidak percaya / Mughairiyah bahwa Imam Muhammad bin Abdullah meninggal dan bahwa ia adalah Imam Ghaib dan menunggu Mahdi.

9. Baqiriyah:
Pengikut Muhammad bin Ali al-Baqir-. Mereka percaya dia menjadi Imam Ghaib dan diharapkan Mahdi.

10. Nadisiyah:
Mereka percaya bahwa mereka yang menganggap dirinya lebih baik dari orang lain adalah kafir (kafir).

11. Sha’iyah:
Mereka percaya bahwa orang yang telah dibacakan La ilaha Il-Allah (tidak ada yang patut disembah kecuali Allah), apa pun yang dia atau dia, tidak akan pernah dihukum.

12. Ammaliyah:
Mereka percaya bahwa iman untuk satu adalah apa yang ia / dia dengan tulus berlatih.

13. Ismailiyah:
Mereka percaya pada kelangsungan Imammate antara keturunan Ismail bin Ja’far-.

14. Musawiyah:
Mereka percaya Musa bin Ja’far-menjadi Imam Ghaib dan diharapkan Mahdi / Mamturah.

15. Mubarakiyah:
Mereka percaya pada kelangsungan Imammate antara keturunan Muhammad ibn Ismail bin–Ja’far.

16. Kathiyah:
Mereka percaya bahwa Mahdi diharapkan akan twelveth Imam antara / Ithn Áshariya keturunan Ali bin abi Thalib-. (The Dua Belas).

17. Hashamiya:
Mereka Predikat tubuh kepada Allah dan juga menuduh Nabi (saw) ketidaktaatan / Taraqibiyah kepada Allah

18. Zarariyah:
Mereka percaya bahwa Allah tidak hidup atau punya atribut sampai Dia menciptakan sendiri hidup dan atribut-Nya.

19. Younasiyah:
Pengikut Younas ibn Abd-al-Rahman al-Kummi. Mereka percaya bahwa Allah ditanggung oleh pembawa Arsy-Nya, meskipun Dia lebih kuat dari mereka.

20. Shaitaniyah / Shireekiyah:
Mereka percaya pada pandangan bahwa perbuatan hamba Allah adalah zat, dan hamba Allah benar-benar dapat menghasilkan suatu zat.

21. Azraqaih:
Pengikut Nafi ibn al-Azraq. Mereka tidak percaya pada mimpi yang baik dan penglihatan dan mengklaim bahwa semua bentuk wahyu telah berakhir.

22. Najadat:
Pengikut Najdah ibn-Amir al-Hanafi. Mereka menghapuskan hukuman minum anggur juga mereka percaya bahwa orang-orang berdosa sekte ini tidak akan diperlakukan di api neraka tetapi beberapa tempat lain sebelum diperbolehkan di surga.

23. Sufriyah:
Pengikut Ziyad ibn-al-Asfar. Mereka percaya bahwa orang-orang berdosa dalam kenyataannya musyrik.

24. Ajaridah:
Pengikut Abd-al-Karim ibn-Ajrad. Mereka percaya bahwa seorang anak harus disebut Islam setelah itu telah mencapai kematangan. Juga mereka percaya rampasan perang tidak sah sampai pemilik dibunuh.

25. Khazimiyah:
Mereka percaya Allah mencintai orang-orang dari semua agama bahkan jika seseorang telah menjadi kafir sebagian besar hidupnya.

26. Shuaibiyah / Hujjatiyah:
Mereka percaya bahwa apa yang Allah keinginan tidak terjadi tidak peduli apa dan apa yang tidak terjadi itu berarti Allah menginginkan tidak.

27. Khalafiyah:
Pengikut Khalaf. Mereka tidak percaya dalam pertempuran kecuali di bawah kepemimpinan seorang Imam.

28. Ma’lumiyah / Majhuliah:
Mereka percaya bahwa siapa pun yang tidak mengakui Allah dengan nama-Nya adalah bodoh-Nya dan siapa saja mengabaikan-Nya adalah kafir.

29. Saltiyah:
Pengikut Salt ibn-Usman. Mereka percaya dalam konversi dewasa saja dan jika ayah telah dikonversi ke anak-anak Islam dianggap kafir sampai mereka mencapai kematangan.

30. Hamziyah:
Pengikut Hamza bin-Akrak. Mereka percaya bahwa anak-anak orang musyrik yang dikutuk ke neraka.

31. Tha’libiyah:
Pengikut Tha’labah ibn-Mashkan. Mereka percaya bahwa orang tua tetap wali atas anak-anak mereka dari segala usia sampai anak-anak membuat jelas kepada orang tua bahwa mereka berpaling dari kebenaran.

32. Ma’badiyah:
Mereka tidak percaya dalam mengambil atau memberikan sedekah dari atau budak.

33. Akhnasiyah:
Mereka tidak percaya melancarkan perang kecuali dalam pertahanan atau bila lawan dikenal secara pribadi.

34. Shaibaniyah / Mashbiyah:
Pengikut Shaiban ibn-Salamah al-Khariji. Mereka percaya bahwa Allah menyerupai makhluk-Nya.

35. Rashidiyah:
Mereka percaya bahwa tanah disiram oleh air, kanal atau sungai yang mengalir harus membayar setengah zakat (zakat), sedangkan lahan disiram oleh hujan hanya harus membayar dia Zakat penuh.

36. Mukarramiyah / tehmiyah:
Pengikut abu-Mukarram. Mereka percaya bahwa ketidaktahuan merupakan sebagai kekafiran. Juga bahwa Allah permusuhan atau persahabatan tergantung pada keadaan keyakinan orang ‘pada saat kematiannya.

37. Abadiyah / Afáliyah:
Mereka menganggap Abdullah ibn-Ibad sebagai Imam mereka. Mereka percaya dalam melakukan perbuatan baik tanpa niat menyenangkan Allah.

38. Hafsiyah:
Pertimbangkan Hafsh bin-abi-l-mikdam sebagai Imam mereka. Mereka percaya bahwa hanya Allah mengetahui membebaskan salah satu dari kemusyrikan.

39. Harithiya:
Pengikut Harith ibn-Mazid al-Ibadi. Mereka percaya bahwa kemampuan mendahului perbuatan.

40. Ashab Ta’áh:
Mereka percaya bahwa Allah dapat mengirim nabi tanpa memberinya tanda-tanda untuk membuktikan kenabiannya.

41. Shabibiyah / Salihiyah:
Pengikut Shabib ibn-Yazid al-SHAÏBANI. Mereka percaya pada Imamah seorang wanita bernama Ghazalah.

42. Wasiliyah:
Pengikut Wasil ibn-’Ata al-Ghazza. Mereka percaya bahwa tidak yang melakukan dosa besar akan dihukum di neraka tapi masih tetap percaya.

43. Ámriyah:
Pengikut Amir bin Ubaid bin–Bab. Mereka menolak kesaksian hukum dari orang-orang dari pendukung kedua sisi pertempuran Camel.

44. Hudhailiyah / Faniya:
Pengikut abu-al-Hudhail Muhammad ibn al-Hudhail. Mereka percaya bahwa kedua Neraka dan surga akan binasa dan bahwa takdir Allah bisa berhenti, pada saat Allah tidak akan lagi mahakuasa.

45. Nazzamiyah:
Pengikut abu-Ishaq Ibrahim ibn-Saiyar. Mereka tidak percaya pada sifat ajaib dari Quran Suci juga tidak percaya pada mukjizat Nabi (saw) seperti membelah bulan.

46. Mu’ammariyah:
Mereka percaya bahwa Allah tidak menciptakan hidup atau mati tapi itu adalah tindakan dari sifat tubuh yang hidup.

47. Bashriyah:
Pengikut Bashr ibn al-Mu’tamir. Mereka percaya bahwa Allah dapat mengampuni dosa manusia dan dapat mengubah pikiran-Nya tentang pengampunan ini dan menghukumnya jika ia tidak taat lagi.

48. Hishamiyah:
Pengikut Hisham ibn Amr-al-Futi. Mereka percaya bahwa jika komunitas Muslim datang ke konsensus dibutuhkan seorang Imam dan jika pemberontak dan membunuh nya Imam, tidak ada yang harus dipilih seorang Imam selama pemberontakan.

49. Murdariyah:
Pengikut Isa bin-Sabih. Mereka percaya bahwa tinggal dalam komunikasi yang erat dengan Sultan (penguasa) membuat orang tidak percaya.

50. Ja’friyah:
Pengikut Ja’far bin Harb dan Ja’far-ibn-Mubashshir. Mereka percaya bahwa minum anggur mentah tidak dihukum dan bahwa hukuman neraka bisa disimpulkan dengan proses mental.

51. Iskafiyah:
Pengikut Muhammad ibn-Abdallah al-Iskafi. Mereka percaya bahwa Allah memiliki kekuasaan untuk menindas anak-anak dan orang gila tapi bukan mereka yang memiliki indra penuh mereka.

52. Thamamiyah:
Pengikut Thamamah ibn-Ashras al-Numairi. Mereka percaya bahwa ia yang Allah tidak memaksa untuk mengenal-Nya, tidak dipaksa untuk mengetahui dan digolongkan dengan hewan yang tidak bertanggung jawab.

53. Jahiziayh:
Pengikut dari ‘Amr ibn-Bahr al-Jahiz. Mereka percaya bahwa Allah mampu menciptakan sesuatu tetapi tidak mampu memusnahkannya.

54. Shahhamiyah / Sifatiyah:
Pengikut abu-Yaqub al-Shahham. Mereka percaya bahwa segala sesuatu ditentukan ditentukan oleh dua penentu, salah satu pencipta dan pengakuisisi lainnya.

55. Khaiyatiyah / Makhluqiyah:
Pengikut abu-al-Husain al-Khaiyat. Mereka percaya bahwa segala sesuatu yang tidak ada adalah tubuh sebelum muncul, seperti manusia sebelum lahir adalah sebuah badan non-eksistensi. Juga bahwa setiap atribut menjadi ada ketika membuat penampilan.

56. Ka’biyah:
Pengikut abu-qasim Abdullah bin Ahmad bin–Mahmud al-Banahi dikenal sebagai al-Ka’bi. Mereka percaya bahwa Allah tidak melihat sendiri maupun orang lain kecuali dalam arti bahwa Dia tahu dirinya dan orang lain.

57. Jubbaiyah:
Pengikut abu-’Ali al-Jubbai. Mereka percaya bahwa Allah mematuhi hamba-Nya ketika ia memenuhi keinginan mereka.

58. Bahshamiyah:
Pengikut abu-Hasyim. Mereka percaya bahwa satu, yang menginginkan untuk melakukan perbuatan buruk, meskipun mungkin tidak melakukannya, melakukan perselingkuhan dan layak mendapatkan hukuman.

59. Ibriyah:
Mereka percaya bahwa Nabi (saw) adalah orang bijaksana tetapi bukan seorang nabi.

60. Zanadiqiyah:
Mereka percaya bahwa insiden Miraj adalah visi Nabi Suci (saw) dan bahwa kita dapat melihat Allah di dunia ini.

61. Qabariyya:
Mereka tidak percaya pada siksa kubur.

62. Hujjatiya:
Mereka tidak percaya pada hukuman atas perbuatan dengan alasan.

63. Fikriyya:
Mereka percaya bahwa berdzikir, Fikr (Mengingat dan berpikir tentang Allah) lebih baik daripada ibadah.

64. ‘Aliviyah / Ajariyah:
Mereka percaya bahwa Hazrat Ali bersama dengan kenabian Muhammad (saw)

65. Tanasikhiya:
Mereka percaya pada reinkarnasi jiwa.

66. Rajiýah:
Mereka percaya bahwa Hazrat Ali ibn-abi Thalib akan kembali ke dunia ini.

67. Ahadiyyah:
Mereka percaya pada fardhu (kewajiban) dalam iman namun menyangkal Sunnah.

68. Radeediyah:
Mereka percaya bahwa dunia ini akan hidup selamanya.

69. Satbiriyah:
Mereka tidak percaya pada penerimaan pertobatan.

70. Lafziyah:
Mereka percaya bahwa Quran bukanlah firman Allah tetapi hanya makna dan esensi adalah firman Allah. Kata-kata dari Quran hanyalah kata-kata narator.

71. Ashariyah:
Mereka percaya bahwa Qiyas (mengambil menebak) yang salah dan jumlah kekafiran.

72. Bada’iyah:
Mereka percaya bahwa ketaatan kepada Ameer adalah wajib tidak peduli apa yang dia perintah.

73. Ahmadiyah:
Para pengikut Hadhrat Mirza Ghulam Ahmed dari Qadian (as). (1835-1908)
Mereka percaya bahwa ia adalah Mesias yang dijanjikan dan IMAM MEHDI.
Mereka percaya pada finalitas kenabian KUDUS NABI (saw) dan bahwa ia adalah SEAL dari semua nabi.
Mereka percaya bahwa Yesus Kristus disalibkan, tetapi TIDAK MENINGGAL dengan alami

Reyhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar