Kamis, 04 Desember 2014

Gunung Salak tempat Persemayaman Raja-raja Sunda

Sampurasun, Kumaha sahabat Kp Budaya Damang sadayana? lama tak menyapa karena byk di lembur maklum sinyalnya jelek buat internet di kp Budaya.
Kali ini saya coba bercerita ttg Gunung Salak dan Fenomenanya. Saat ini di Gunung Salak banyak sekali ditemukan Punden berundak, diantaranya Punden berundak Arca Domas, Pasir Manggis, Batu Jolang, Girijaya, Cimelati dan beberapa Punden berundak lainnya.
Terus terang hal ini menjadi pemikiran saya untuk apa sih para leluhur kita itu membuat punden berundak di Gunung? Jauh pula….Ternyata setelah saya perhatikan punden2 berundak di Gunung Salak itu bukan hanya sebagai sarana peribadatan akan tetapi juga tempat disemayamkannya Raja-raja Sunda.
Sebagai contoh penulis pernah mendaki namanya Pasir Keramat 3 yaitu tempat bersemayamnya Eyang Langlangbuana/Langlangbumi. Untuk menuju kesana kita harus mendaki gunung Salak 3,5 jam lamanya. Terletak di Puncak Pasir (bukit) di Gunung Salak. Disitu terdapat sebuah Kuburan Kuno yg diatasnya terdapat 9 Menhir. Nah 9 Menhir tersebut nampaknya menunjukan jabatan seseorang ketika hidup yaitu sebagai seorang Raja. Darimana kesimpulan 9 Menhir adalah jabatan seorang Raja? Kujang untuk seorang Raja pada jaman dulu diberitakan mempunyai mata 9. Nah kira2 2 meter dari kuburan tersebut agak keatas terdapat punden 3 teras berukuran 3×3 meter.
Fungsi punden tersebut nampaknya adalah ketika seseorang keturunan Raja itu ngembang (ziarah) adalah untuk mendoakan Leluhurnya.
Di Punden Arca Domas punden yang lumayan cukup besar dengan 9 teras kalau saya tidak salah, dibawahnya terdapat beberapa tempat yang menyerupai kuburan dengan menhir2 yang menancap diatasnya. Fenomenanya persis punden di pasir Keramat. Jika tempat yang menyerupai kuburan tersebut dianggap kuburan maka beberapa meter agak keatas terdapat sebuah punden. Nah Fenomena inilah yang tidak pernah diperhatikan oleh para ahli arkeologi. Jadi saya berani menyimpulkan atas dasar punden pasir keramat, bahwa punden arca domas dibawahnya merupakan kuburan keluarga bangsawan Sunda atau mungkin juga keluarga Raja.
Kenapa harus Punden? karena Kerajaaan Sunda sd Pajajaran diberitakan menganut agama Sunda yang tempat mereka beribadatnya di Punden2 Berundak. Konsep agama sunda adalah Gunung merupakan tempat disemayamkannya orang yang meninggal dunia. Dibawah Gunung merupakan daerah untuk tempat tinggal, dibawah tempat tinggal tempat untuk berladang. Berdasarkan letaknya punden pasir keramat, arca domas , pasir manggis berada pada ketinggian yang memang cukup tinggi.
Hal ini jelas menunjukan strata sosial seseorang ketika hidup. Contohnya Kuburan Prenggong Jayadikusumah di pasir Kaca yang merupakan seorang Pamuk (panglima besar) Kerajaan Pajajaran letaknya di bawah Punden Pasir Keramat dan Punden Arca Domas. jelas sekali terlihat sang Pamuk tidak berani bersanding dengan atasannya yang dia hormati sehingga ketika sang Pamuk meninggal kuburannya terletak di Pasir yang berada dibawah kedua Punden yang saya sebutkan tersebut.
Agak kebawah lagi terdapat kuburan-kuburan kuno di Gunung Cileueur dan Daerah Tamansari yang terdapat beberapa kuburan-kuburan kuno yang menandakan bahwa nampaknya kuburan2 ini merupakan rakyat jelata.
Salah satu bukti bahwa Gunung Salak tempat disemayamkannya Raja-raja Sunda dan keluarganya adalah ketika warga Sindangbarang (Kampung Budaya ) melakukan Ijab pada acara Seren Taun. mereka mengucapkan kalimat,” Dihaturanan ka Eyang Murugul nu linggih di Gunung Salak, Eyang Prenggong Jaya di Pasir Kaca.” Eyang Murugul yang dimaksud adalah Amuk Murugul seorang Mantri Agung Pajajaran yang juga merupakan Kakak Ipar Prabu Siliwangi. Maksud dari kata Eyang sendiri merupakan bentuk penghormatan kepada Leluhur yang pernah mendiami daerah Sindangbarang dan bukan merupakan pengakuan n bahwa warga Sindangbarang keturunan bangsawan Kerajaan Sunda

1 komentar:

  1. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-5-hal.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus